930 x 180 AD PLACEMENT

Perbedaan iPhone 11 Pro dan iPhone 12 Pro: Mana yang Lebih Unggul?

Perbedaan iPhone 11 Pro dan iPhone 12 Pro: Mana yang Lebih Unggul?
750 x 100 AD PLACEMENT

Halo Sobat Gadget,

Pasti banyak dari kamu yang penasaran tentang perbedaan antara iPhone 11 Pro dan iPhone 12 Pro kan? Kedua ponsel flagship dari Apple ini memang memiliki banyak persamaan, tapi juga terdapat beberapa perbedaan penting yang layak untuk diketahui.

Di artikel ini kita akan bahas perbandingan spesifikasi dan fitur iPhone 11 Pro vs iPhone 12 Pro supaya kamu bisa menentukan model mana yang lebih cocok untuk dibeli. Apa saja sih kelebihan dan kekurangan masing-masing hp?

Yuk kita simak ulasan lengkapnya berikut ini!

750 x 100 AD PLACEMENT

Perbedaan iphone 11 pro dan iPhone 12 pro

iPhone 11 Pro dan iPhone 12 Pro adalah dua produk flagship dari Apple yang diluncurkan dengan jarak waktu satu tahun.

iPhone 11 Pro dirilis pada September 2019, sementara iPhone 12 Pro hadir setahun kemudian pada Oktober 2020.

Kedua ponsel ini sama-sama mengusung desain premium khas Apple dengan spesifikasi canggih yang mumpuni. Namun tentu saja ada perbedaan di beberapa aspek mengingat iPhone 12 Pro merupakan model terbaru.

Pada artikel ini, kita akan membandingkan spesifikasi iPhone 11 Pro dan iPhone 12 Pro dari berbagai sisi mulai dari desain, layar, kamera, performa, baterai, hingga harga.

750 x 100 AD PLACEMENT

Tujuannya tentu agar kamu bisa mengetahui model mana yang lebih unggul dan worth it untuk dibeli di tahun 2023 ini.

Jadi simak baik-baik ya ulasan selengkapnya berikut ini!

Baca Juga: Panduan Lengkap Tentang Kode iPhone PA/A untuk Indonesia

Perbandingan Desain dan Tampilan

Desain

Dari sisi desain, iPhone 12 Pro memiliki perubahan signifikan dibanding pendahulunya iPhone 11 Pro. Model terbaru ini memiliki desain persegi dengan tepian tajam yang terasa lebih modern dibanding desain bulat iPhone 11 Pro.

750 x 100 AD PLACEMENT

Selain itu, iPhone 12 Pro mengusung desain belakang kaca matte yang terkesan lebih premium dan tahan terhadap noda sidik jari. Sementara iPhone 11 Pro masih menggunakan kaca glossy yang mudah berminyak.

Walau sama-sama terbuat dari bahan kaca, iPhone 12 Pro dilapisi oleh lapisan Ceramic Shield yang membuatnya 4x lebih tahan terhadap goresan dan jatuh dibanding pendahulunya.

Secara dimensi, iPhone 12 Pro juga lebih tipis dan ringan dibandingkan iPhone 11 Pro. Berat iPhone 11 Pro mencapai 188 gram dengan ketebalan 8,1 mm. Sementara iPhone 12 Pro lebih ramping dengan berat 189 gram dan ketebalan 7,4 mm.

Jadi dari segi desain, iPhone 12 Pro lebih unggul karena terlihat lebih modern, premium, dan tahan banting.

Layar

Untuk layar, iPhone 12 Pro memiliki ukuran yang lebih besar dibanding iPhone 11 Pro, yaitu 6,1 inci dibanding 5,8 inci.

Keduanya sama-sama menggunakan panel OLED Super Retina XDR dengan tingkat kecerahan dan resolusi setara. Panel OLED ini mampu menampilkan detail gambar yang tajam dengan tingkat kontras yang sangat bagus.

iPhone 12 Pro memiliki kerapatan piksel sedikit lebih tinggi, yaitu 460 ppi dibanding 458 ppi pada iPhone 11 Pro. Perbedaan kerapatan piksel ini praktis tidak terlihat karena keduanya sama-sama super tajam.

Secara keseluruhan kedua layar ini sangat mirip dalam hal kualitas. Hanya saja ukuran layar iPhone 12 Pro yang lebih besar membuatnya lebih menyenangkan untuk digunakan, terutama saat menonton video atau bermain game.

Perbandingan Kamera

Baik iPhone 11 Pro maupun iPhone 12 Pro sama-sama dilengkapi dengan sistem kamera ganda 12 MP yang mumpuni.

Keduanya memiliki 3 kamera belakang dengan lensa utama, ultra wide, dan telephoto. Adapun kamera depannya beresolusi 12 MP dengan fitur Face ID.

namun ada beberapa peningkatan yang diberikan Apple pada kamera iPhone 12 Pro:

  • Kamera utama iPhone 12 Pro memiliki aperture f/1.6 yang lebih lebar, membuatnya mampu menangkap cahaya lebih banyak dan menghasilkan foto lebih terang dalam kondisi kurang cahaya.
  • iPhone 12 Pro dilengkapi dengan scanner LiDAR yang membantu fokus lebih cepat dan akurat, terutama di lingkungan kurang cahaya. Hasil fotonya jadi lebih tajam.
  • Semua lensa kamera iPhone 12 Pro mendukung fitur Night Mode, termasuk kamera selfie. Hasil foto di malam hari jadi jauh lebih terang.
  • Video maksimal bisa direkam hingga resolusi 4K dengan kualitas Dolby Vision HDR.

Jadi secara keseluruhan kualitas kamera iPhone 12 Pro sedikit lebih unggul dibanding pendahulunya.

Terutama untuk penggunaan di kondisi pencahayaan minim, hasil foto dan video iPhone 12 Pro terlihat lebih bagus.

Baca Juga: Panduan Lengkap Mengenai Nomor Model iPhone iBox untuk Pengguna iPhone di Indonesia

Perbandingan Performa dan Spesifikasi

Dari segi performa, iPhone 12 Pro tentu lebih unggul karena didukung oleh chipset terbaru buatan Apple, yaitu A14 Bionic. Chipset ini diklaim hingga 50% lebih cepat dari A13 Bionic pada iPhone 11 Pro.

Selain itu, kapasitas RAM pada iPhone 12 Pro juga lebih besar, yaitu 6 GB dibanding 4 GB pada model sebelumnya. Ini membuat kinerja iPhone 12 Pro saat multitasking dan pemakaian berat lainnya jadi lebih mulus.

Kapasitas penyimpanan internal pada iPhone 12 Pro juga lebih besar, yaitu 128 GB untuk tipe basis. Sementara iPhone 11 Pro yang 128 GB masih dijual terpisah sebagai model pro.

Fitur terbaru lainnya pada iPhone 12 Pro adalah dukungan konektivtas 5G, yang belum ada di iPhone 11 Pro. Ini tentu membuatnya lebih future proof dibanding pendahulunya.

Perbandingan Baterai

Sayangnya baterai justru menjadi kelemahan iPhone 12 Pro dibanding pendahulunya.

Kapasitas baterai iPhone 12 Pro lebih kecil yaitu 2.815 mAh, dibanding 3.046 mAh pada iPhone 11 Pro. Ini membuat daya tahannya juga lebih singkat.

Menurut test laboratorium, iPhone 11 Pro mampu bertahan hingga 11 jam pemakaian normal. Sementara iPhone 12 Pro hanya sanggup bertahan 9 jam.

Untuk mengisi daya, iPhone 12 Pro mendukung teknologi MagSafe charging yang memungkinkan pengisian nirkabel lebih cepat hingga 15W. Sayangnya pengisi daya MagSafe dijual terpisah dan tidak disertakan di dalam box.

Jadi untuk urusan baterai, iPhone 11 Pro lebih unggul karena memiliki daya tahan yang lebih panjang dibanding iPhone 12 Pro.

Perbandingan Harga iPhone 11 Pro dan iPhone 12 Pro

Perbandingan Harga iPhone 11 Pro dan iPhone 12 Pro

Dari sisi harga, tentu saja iPhone 12 Pro dijual lebih mahal sebagai model terbaru.

Saat ini harga iPhone 11 Pro di tahun 2023 mulai dari Rp9,5 jutaan untuk varian 64 GB. Sementara harga iPhone 12 Pro dimulai dari Rp12,5 jutaan untuk varian 128 GB.

Jadi selisih harganya sekitar Rp3 juta untuk tipe penyimpanan yang sama. Tentu saja dengan selisih harga ini kita mendapatkan beragam peningkatan fitur pada iPhone 12 Pro seperti yang sudah dibahas sebelumnya.

Peningkatan tersebut tentu membuat iPhone 12 Pro lebih cocok untuk kamu yang menginginkan ponsel flagship iOS terbaru dengan fitur terkini.

Sementara bagi yang ingin menghemat budget, iPhone 11 Pro masih menjadi pilihan yang solid dengan performa yang tidak kalah mumpuni dibanding pendahulunya.

Baca Juga: 5 Cara Memindahkan Foto dari iPhone ke Laptop Tanpa Kabel Data

Kesimpulan

Jadi bagaimana Sobat Gadget, demikian ulasan perbandingan lengkap spesifikasi dan fitur iPhone 11 Pro vs iPhone 12 Pro.

Secara keseluruhan, iPhone 12 Pro memang lebih unggul dari sisi desain, layar, kamera, dan performa dibanding pendahulunya.

Namun di sisi baterai, iPhone 11 Pro masih lebih tahan lama. Selain itu harganya yang lebih terjangkau juga menjadi pertimbangan menarik bagi kamu yang ingin menghemat budget.

Jika masih bingung memilih model mana, kamu bisa cek detail spesifikasi keduanya di laman resmi Apple untuk memutuskan ponsel yang paling cocok untuk dibeli.

Semoga ulasan perbandingan ini bermanfaat ya Sobat Gadget! Jangan lupa bagikan informasinya ke teman-teman kamu yang juga ingin membeli iPhone terbaru ini.

Sampai jumpa di artikel berikutnya!

750 x 100 AD PLACEMENT

Seorang Blogger yang mulai berkecimpung sejak tahun 2012. Suka mengeksplorasi berbagai aspek menarik tentang teknologi pada umumnya. Mulai dari perkembangan terkini di dunia IT, tren di bidang pengembangan website, hingga berbagai gadget canggih terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Article
930 x 180 AD PLACEMENT